Kelas Inspirasi #5 Pekanbaru

by - Selasa, November 27, 2018

Halo,

Saya percaya bahwa setiap manusia memiliki kebebasan untuk memilih dan menentukan apa yang menjadi tujuan dalam hidupnya. Tentunya pilihan tersebut adalah suatu hal yang positif yang dapat berimpact bagi kehidupannya dan lingkungannya.

Bagiku, saat ini memilih menjadi relawan atau volunteer dalam suatu wadah atau komunitas non profit merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Mengapa? Diwaktu kuliah, aku adalah pribadi yang sangat memilih yang namanya komunitas dan organisasi dikarena lebih memprioritaskan yang namanya pendidikan dan pencapaian target untuk lulus dalam kurun waktu 3,5 tahun.

Baru disadari bahwa banyak sekali komunitas dan organisasi yang memberikan impact positif bagi pribadi kita terkhususnya komunitas non profit, salah satunya adalah Kelas Inspirasi Pekanbaru. Kelas Inspirasi Pekanbaru adalah sebuah komunitas yang dimana mengajak para profesional pada bidangnya untuk menginspirasi anak-anak tingkat sekolah dasar untuk memiliki dan meraih cita-cita mereka. Tidak ada profit berupa materi yang akan diterima ketika bergabung, tapi pengalaman dan kebahagiaan yang tak ternilai menjadi profit terbaik yang didapatkan selama hidup ini.

Di tahun 2018 ini adalah batch ke #5 yang diselenggarakan oleh Kelas Inspirasi Pekanbaru, dan aku memilih untuk menjadi relawan panitia lokal dan fasilitator. Sebagai relawan, kita dibekali dengan berbagai pengetahuan, kepemimpinan, dan pengalaman dari orang-orang yang berpengalaman dalam bidang relawan.





Lalu kita juga dipertemukan dengan berbagai relawan pengajar dengan bidang pekerjaannya masing-masing, dan pada saat briefing juga diajarkan berbagai macam hal yang berhubungan dengan pengajaran, pengenalan karakter anak, dan apa saja yang mau diajarkan ke anak-anak



Hari inspirasi ditetapkan pada hari Senin, 12 November 2018. Aku terpilih untuk menjadi fasilitator di SDN 54 Sukajadi Pekanbaru. Dimulai dari pukul 07.00 wib pagi, kegiatan sekolah dimulai dari upacara. Suasana pagi itu sedikit gerimis, sehingga mengkhawatirkan kami untuk melakukan kegiatan opening, tetapi kami tetap melaksanakan opening dengan flashmob yang diiringin oleh lagu Via Vallen - Meraih Bintang.





Lalu kami bersiap untuk menginspirasi siswa dari kelas 1 SD hingga 6 SD. Para inspirator yang bertugas di SDN 54 Sukajadi Pekanbaru adalah mereka-mereka yang ternyata sudah terbiasa untuk mengajar anak-anak sehingga mereka tidak menemukan kesulitan dan hambatan ketika menginspirasi ditambah antusiasme dari para siswa. Sebagian siswa juga sudah mengerti apa itu cita-cita, apa itu mimpi. Akan tetapi mereka semua hanya mengetahui cita-cita yang familiar saja seperti pilot, guru, TNI, polisi, dan dokter. Kehadiran para inspirator menjadi pembuka pikiran, harapan dan mimpi mereka umtuk mengetahui bahwa masih banyak lagi cita-cita di dunia ini, seperti menjadi seorang banker, accountant, pegawai pajak, dan bahkan menjadi seorang advokat.

 Mba @isra_sarbia seorang dokter gigi

Mas @agilhb seorang petugas pajak

Mba @adhelyazen seorang advokat

Mba @ulisitinjak seorang banker


Mba @dytarusdiana13 seorang accountant

Para inspirator diberikan kesempatan untuk mengajar, menginspirasi, dan menceritakan mengenai profesi mereka. Apa saja yang dilakukan untuk dapat menjadi mereka saat ini. Teknik pengajaran dilakukan dengan berbagai macam cara seperti membawa gambar-gambar, tanya jawab, dan praktek langsung mengenai profesi tersebut.

Setelah para inspirator selesai menginspirasi, kami mengajak siswa-siswa tersebut menuliskan cita-citanya pada sebuah bintang harapan. Mengapa bintang harapan? Karena bintang akan selalu berada dilangit dan akan selalu kita pandang keatas yang selalu ingin kita raih, begitulah cita-cita harus dipandang ke atas dan diraih.






Pada closing hari inspirasi selain mengajak anak-anak menuliskan cita-citanya pada bintang harapan, kami juga mengajak mereka untuk mengreview kembali siapa saja para inspirator, apa saja profesi para inspirator, bagaimana cara memiliki profesi seperti inspirator tersebut yang masuk ke kelas mereka ketika mengajar. Kami juga memotivasi siswa-siwa di SDN 54 Sukajadi Pekanbaru agar selalu rajin belajar, rajin menabung, rajin beribadah dan mengurangi untuk membeli makanan yang tidak bergizi.  Tak lupa juga kami mengajak mereka untuk bernyanyi bersama, berfoto bersama dan para siswa meminta tanda tangan dan akun sosial media kepada kami para inspirator.













Ditutup dengan pelemparan holy powder, kami fasilitator dan inspirator mengucapkan terimakasih banyak kepada Kelas Inspirasi #5 Pekanbaru yang telah memberi kami kesempatan untuk menginspirasi bahkan sangat terinspirasi dengan semangat daripada siswa SDN 54 Sukajadi Pekanbaru. Semoga di hari inspirasi lainnya kami dapat bergabung dan semakin menginspirasi bagi lingkungan dan negeri ini.





Salam inspirasi! Sehari mengajar, selamanya menginspirasi!




All photo by @adhiarsarakhman & @lukmention
Video by @lusiana_syah_ & @barumunnanda








You May Also Like

0 komentar